Sabtu, 25 Januari 2014

Dampak Sosial Interaksi Manusia dan Internet

Di era globalisasi sekarang ini manusia telah dimudahkan dengan segala teknologi canggih yang berkembangan di seluruh dunia. Zaman dahulu manusia berkomunikasi dengan surat menyurat. Namun dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, sekarang manusia bisa menggunakan handphone untuk saling berkomunikasi. Dengan handphone yang canggih manusia pun bisa mengakses internet kapan saja dan dimana saja dengan cepat dan mudah. Segala infomasi yang kita inginkan bisa terpenuhi hanya dengan adanya internet. Karna internet sekarang dapat kita akses menggunakan handphone, tab, dan sebagainya. Sehingga kita tidak pelru lagi repot untuk menggunakan computer. 
Manusia dan internet merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Internet sendiri memang memiliki banyak fungsi. dengan adanya internet seluruh manusia di pelosok dunia dapat saling berhubungan satu sama lain. Dalam internet ini ada mesin pencari (search engine) yakni google, yang sebagian orang menyebutnya dengan “mbah google” dan beranggapan bahwa mbah google ini tau segalanya. Google sendiri biasa digunakan manusia untuk mencari informasi. 
Interconnection network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin “inter” yang berarti “antara”. Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainya.
Masyarakat sekarang jauh lebih pintar dengan adanya internet, karena dengan mudahnya dapat mencari berbagai informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh internet, timbul beberapa dampak dari interaksi manusia dan internet. Terdapat berbagai dampak positif maupun negative yang diberikan oleh internet.

Beberapa dampak positif dari internet adalah :
1.      Mudah mendapatkan informasi.
2.      Mendapatkan banyak pengetahuan.
3.     Manusia dapat saling terhubung dengan mudah
4.   Sarana untuk mencari tugas-tugas sekolah
5.   Sebagai sarana untuk memperbanyak teman
6.   Saran untuk berkomunikasi
7.   Sarana untuk bertukar data dan informasi (seperti email, dll)
8.   Sarana untuk bertransaksi dan berbisnis

Selain dampak positif terdapat juga dampak negative dari internet, diantaranya yaitu :
1.      Mengurangi moral masyarakat karna banyak situs ponografi
2.      Mengurangi kecintaan masyarakat terhadap negerinya sendiri, karena masyarakat tertarik dengan negeri lain sehingga selalu mencari semua infomasi yang berkaitan dengan negeri terebut
3.   Terdapat konten-konten yang berisi kekejaman dan kesadisan
4.   Sering terjadi penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak online shop yang palsu

untuk keterangan lebih lanjut klik disini
untuk keterangan lainnya klik disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar